Bagaimana cara agar baterai ponsel awet? Ponsel atau smartphone adalah perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat modern. Karena kemajuan zaman sekarang ini hampir seluruh kegiatan membutuhkan perangkat elektronik untuk menunjangnya. Namun, disebabkan sumber energi dari ponsel berasal dari baterai, maka saat dayanya habis Anda pun tidak bisa memakai perangkat ponsel tersebut.

Oleh sebab itu, baterai ponsel adalah salah satu komponen paling penting yang ada pada ponsel. Bahkan sekarang ini ada banyak perusahaan yang menjual ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup besar, karena bisa menarik minat beli pelanggan.

Tetapi, sekalipun kapasitas baterai besar, namun cara pemakaiannya asal-asalan, maka akan cepat menguras daya baterai ponsel dan membuat baterai cepat rusak. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara supaya baterai ponsel tahan lama yang bisa Anda simak pada artikel ini.

Bagaimana Cara Agar Baterai Ponsel Awet?

Memakai Charger Asli

Tips supaya baterai ponsel tetap tahan lama dan awet berikutnya adalah memakai charger asli dan asli bawaan dari ponsel. Harus diketahui bahwa setiap jenis ponsel serta baterai umumnya bisa menerima tegangan pengisian daya yang berbeda.

Perbedaan tersebut sudah disesuaikan oleh perusahaan ponsel dengan memberi charger yang mempunyai tegangan sesuai dengan daya serap dari baterai ponsel. Apabila terlalu sering memakai kepala charger yang tidak sesuai atau bahkan KW, maka baterai ponsel pun akan lebih cepat rusak atau bahkan menggembung.

Jangan Memakai ponsel Saat Sedang Mengisi Daya

Jika ingin menjaga supaya baterai ponsel tahan lama dan tidak mudah rusak, maka Anda tidak boleh memakai ponsel saat sedang mengisi daya. Karena jika Anda memakai ponsel saat sedang mengisi daya, maka akan mengikir usia baterai.

Sebaiknya tutup seluruh apk yang aktif di ponsel guna memaksimalkan proses pengisian daya baterai serta tidak menimbulkan dampak buruk pada baterai ponsel. Bahkan jika harus, hanya isi daya baterai ponsel saat ponsel dalam kondisi mati, tujuannya supaya daya baterai tidak kembali tersedot ulang saat dalam proses charging.

Selain itu, usahakan untuk segera mencabut Hp dari colokan kabel charger saat daya baterai sudah full. Supaya lebih tahan lama dan awet, Anda bisa mengisi ulang daya baterai saat indikator sudah menunjukan angka 20% sampai 80% untuk memperpanjang masa hidup baterai ponsel.

Baca juga:

Tips Cara Merawat Charger Laptop Agar Awet Tahan Lama
6 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam dengan Cepat
8 Tips Memilih Laptop Berkualitas Supaya Tidak Salah Pilih

Menghapus Apk yang Tidak Penting

Seperti halnya laptop, ponsel sekarang ini sudah cukup canggih serta sudah mampu mengoperasikan beberapa apk sekaligus pada satu waktu. Namun, Anda harus mengerti bahwa makin banyak apk yang ada pada ponsel dan dipakai secara bersamaan, maka makin besar pula daya yang dipakai. Akibatnya CPU Hp yang bekerja makin keras pasti akan memakan daya baterai yang lebih banyak.

Hal serupa juga bisa terjadi saat ponsel mempunyai banyak apk tidak penting yang jarang dipakai. Oleh karena itu, sekalipun tidak aktif dipakai. Apk tersebut tetap saja menyerap daya baterai dan membuat baterai ponsel jadi boros.

cara agar baterai ponsel awet
Foto ready made di pexels.com

Atur Kecerahan Layar

Tahukah Anda bahwa daya baterai ponsel banyak terkuras karena tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi. Apabila melihat dari informasi penggunaan baterai yang ada pada setting ponsel, tingkat kecerahan layar umumnya berada pada tingkat paling atas dari komponen yang paling banyak menyedot daya baterai.

Oleh karena itulah, supaya baterai ponsel jadi lebih tahan lama, biasakan untuk selalu mengurangi tingkat kecerahan pada layar ponsel Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur auto brightness supaya ponsel mengatur tingkat kecerahan layar dengan otomatis bergantung pada lingkungan sekitar.

Dengan begitu, maka baterai ponsel pun jadi lebih hemat. Selain mengatur tingkat kecerahan layar, Anda juga bisa mematikan layar dengan cara menguncinya supaya baterai ponsel tidak mudah habis. Supaya praktis, Anda bisa mengatur layar terkunci secara otomatis saat tidak dipakai selama 15 atau bahkan 30 detik.

Aktifkan Hemat Daya

Anda bisa mengaktifkan mode hemat daya supaya baterai ponsel tetap tahan lama. Mode hemat daya ini biasanya bisa ditemukan pada segala jenis dan tipe ponsel. Saat diaktifkan, segala kegiatan pada OS ponsel akan dibatasi, sehingga konsumsi daya baterai pun akan makin kecil.

Sebagai contoh, mode hemat daya akan menghentikan beberapa apk yang bisa aktif pada sistem latar belakang ponsel, menurunkan kecerahan layar sampai mematikan koneksi internet saat tidak dipakai.

Fitur satu ini bisa begitu berguna saat baterai ponsel sudah terkuras dan Anda sedang berada di luar ruangan yang tidak memungkinkan untuk segera mengisi daya baterai ponsel. Jadi, supaya ponsel tidak mati, maka Anda bisa mengaktifkan mode hemat daya.

Cara agar baterai ponsel awet sudah dijavarkan di artikel di atas. Semoga bisa membantu.