Apa yang Harus Dilakukan Keturunan Hipertensi Agar Sehat? – Perlu diketahui, bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan keturunan hipertensi agar tetap sehat. Sebab, terdapat beberapa cara untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi naik. Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai hipertensi, yang merupakan kondisi kesehatan dan umum terjadi.

Baca juga:

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Minum Obat

Tips Menjaga Kesehatan Lansia, Sangat Mudah Dilakukan

Apa yang harus dilakukan keturunan hipertensi agar sehat?

Mencegah hipertensi memang perlu dilakukan, kondisi kesehatan ini bisa menyebabkan komplikasi hipertensi yang serius. Walaupun tidak memiliki tanda atau gejala darah tinggi yang khusus, cara mencegahnya memang harus melakukan beberapa cara secara rutin, salah satunya adalah menerapkan gaya hidup sehat.

Keturunan Hipertensi Agar Sehat

foto Pavel Danilyuk di www.pexels.com

 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya terjadi ketika aliran darah mendorong pembuluh darah arteri dengan sangat kuat. Kondisi hipertensi bisa terjadi karena berbagai jenis hal, sebagian besar faktor risikonya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Apabila anda menerapkan gaya hidup sehat, tentu merupakan faktor penting dalam pencegahan hipertensi. Bahkan walaupun anda mempunyai risiko tinggi mengalami hipertensi dari faktor genetik. Menerapkan gaya hidup sehat bisa membantu Anda mencegah tekanan darah tinggi di masa depan.

Mengurangi Asupan Garam

Terdapat salah satu penyebab hipertensi, salah satunya adalah asupan garam atau natrium yang berlebih di dalam tubuh. Semakin banyak garam yang anda konsumsi, tentu akan semakin tinggi risiko Anda mengalami kenaikan tekanan darah atau hipertensi.

Selain dari garam dapur atau garam meja, hipertensi bisa saja kambuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium tinggi. Makanan yang mengandung kadar natrium tinggi adalah makanan kemasan dan makanan kaleng. Bahkan makanan beku atau makanan yang diawetkan adalah salah satu penyebab hipertensi.

Sebagai seorang keturunan hipertensi, ada baiknya untuk menghindari makanan tersebut agar hipertensi bisa tercegah. Selain itu, Anda bisa mengecek label makanan kemasan yang dibeli dan pilih makanan dengan kadar natrium yang rendah. Ini adalah bentuk pencegahan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Jika anda memasak makanan sendiri, tentu harus memilih bahan-bahan yang segar dan menggunakan sedikit garam. Seperti pada umumnya, pengurangan garam pada makanan memang sulit untuk dilakukan. Namun, Anda bisa melakukan hal tersebut secara perlahan sehingga mencapai target penggunaan garam yang ditentukan.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Selain mengurangi asupan garam berlebih, Anda bisa mencegah hipertensi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Hal tersebut juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan dibutuhkan oleh tubuh.

Apabila Anda ingin memenuhinya, Anda harus mengikuti panduan diet sehat. Panduan diet sehat tidak hanya berguna untuk penderita hipertensi atau keturunannya. Panduan diet sehat juga bisa diterapkan untuk mencegah kenaikan tekanan darah pada masa depan.

Seiring dengan bertambahnya usia, tekanan darah seseorang cenderung semakin naik walau tidak mempunyai riwayat hipertensi. Saat Anda menerapkan pola hidup sehat, tentu harus mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol. Protein juga hari dibutuhkan walau tetap memperhatikan kandungan lemak yang rendah.

Adapun mineral yang anda perlukan juga sangat berperan dalam menjaga tekanan darah seperti kalium. Kalium bisa menyeimbangkan kadar garam atau natrium yang ada dalam tubuh. Sehingga pencegahan hipertensi juga terjadi karena adanya kalium.

Kalium bisa anda temukan dalam berbagai jenis makanan penurun darah tinggi, seperti buah dan sayur. Kandungan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah adalah magnesium dan serat. Anda bisa memenuhi hal tersebut dengan mengkonsumsi biji-bijian utuh atau kacang-kacangan. Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi air putih yang cukup sebagai bentuk pencegahan hipertensi. Demikian tips untuk keturunan hipertensi agar sehat.