Orang yang telah lanjut usia namun tetap sehat adalah keinginan semua orang. Walaupun menjaga kesehatan lansia bukan perkara yang mudah. Tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi mengingat kondisi tubuh lansia sangat rentan, utamanya terhadap jenis penyakit yang mungkin menyerang.

Apa Saja Tips Mudah Menjaga Kesehatan Lansia?

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak sekali perubahan atau proses penuaan. Perubahan yang dirasakan tentu meliputi seluruh anggota tubuh, seperti kulit yang cenderung kering dan perubahan di bagian organ dalam. Lansia juga rentan sekali terkena masalah pembuluh darah seperti hipertensi atau masalah jantung.

Orang lanjut usia juga rentan mengalami gangguan keseimbangan yang berakibat beresiko jatuh. Jika seorang lansia telah jatuh, tentu bisa saja mengalami komplikasi kesehatan seperti disabilitas dan patah tulang. Tentu banyak sekali hal yang harus dilakukan jika anda ingin menjaga kesehatan lansia.

Menjaga Pola Makan Sehat

Perlu diketahui, bahwa lansia ada baiknya membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tentu akan meningkatkan energi sehingga mencegah berbagai penyakit. Lansia juga harus mengkonsumsi makanan dengan rendah asupan lemak jenuh dan tinggi asupan buah.

Tips menjaga kesehatan lansia dengan makanan seimbang yang harus dikonsumsi adalah ikan yang kaya dengan asam lemak omega 3 dan produk susu rendah lemak. Lansia juga harus banyak minum air demi menghindari dehidrasi yang dialami. Usahakan juga untuk membatasi konsumsi minum teh atau kopi, hal tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Akan jauh lebih baik jika lansia mengkonsumsi kacang-kacangan dan produk susu yang rendah. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, akan menggelindungi lansia dari penyakit jantung, Penyakit alzheimer bahkan kanker.

Baca juga:

Beberapa Manfaat dari Senam Lansia

Apa yang Harus Dilakukan Keturunan Hipertensi Agar Tetap Sehat

Aktif Bergerak

Usahakan juga agar lansia tetap aktif beraktivitas, caranya adalah dengan menyesuaikan jenis dan intensitas aktivitas fisik. Lakukan kegiatan setidaknya 30 menit sehari sebanyak 5 hari dalam satu minggu. Lansia juga menyesuaikan hal ini dengan kemampuannya, karena tidak perlu dilakukan sekaligus.

tips menjaga kesehatan lansia

Foto Mikhail Nilov di www.pexels.com

 

Adapun aktivitas fisik yang dilakukan cukup intensitas ringan atau sedang, seperti jalan kaki. Dengan jalan kaki tentu akan bermanfaat untuk melancarkan aliran darah. Jalan kaki juga bisa membantu peredaran oksigen ke dalam tubuh lebih nyaman.

Aktivitas fisik juga dibutuhkan untuk memperlambat terjadinya gejala demensia alias pikun. Aktivitas fisik juga bisa mengontrol berat badan dan menjaga ketahanan tulang dan otot. Tidak hanya itu saja, karena aktivitas fisik juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, hal ini terjadi untuk orang dengan usia lanjut. Oleh karena itu, orang lanjut usia harus menjaga berat badan tetap ideal, karena bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan lansia.

Orang yang mengalami obesitas mempunyai risiko lebih besar terhadap penyakit diabetes tipe 2. Obesitas juga menimbulkan berbagai jenis penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan darah tinggi. Apabila lansia mempunyai berat badan yang ideal, maka bisa dipastikan lansia tersebut menjalani hidup sehat.

Seorang dengan lanjut usia juga tidak boleh mempunyai berat badan di bawah batas normal. Tubuh yang terlalu kurus pada orang dengan lanjut usia bisa menjadi gejala dari suatu penyakit serius. Juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sudah semakin melemah. Oleh sebab itu, orang dengan lanjut usia harus mengatur pola makan untuk menjaga berat badan tetap berada di angka normal.

Ada baiknya lansia mengkonsultasikan seluruh kegiatannya kepada dokter, fungsinya adalah untuk mencari tahu angka berapa berat lansia tergolong ideal. Konsultasikan juga cara mengatur pola makan yang tepat dan aktivitas yang bisa membantu menurunkan atau meningkatkan berat badan.

Di atas sudah dijelaskan tips mudah menjaga kesehatan lansia, bisa dijalankan agar tetap bahagia menjalani masa tua.